curhatibu.com

Petualangan Kreatif dengan Canva Pro: Membawa Pembelajaran Anak ke Level Berikutnya

Para Ibu pasti sering ya melihat anaknya click channel edukasi belajar anak seperti di bawah ini. 


Penasaran ga sih, gimana cara membuatnya? Hehe.. Seringnya sih asal lalu aja ya, asal nonton, jadi konsumen dari konten Youtube. Mana kepikiran untuk membuatnya - pasti udah mikirnya bakal rumit, susah, ribet, dan...buat apa.

Tapi akhir-akhir ini, saya ada di satu titik yang merasa ingin tau dan ingin bisa mengubah diri menjadi kreator Youtube - bukan lagi sekedar penikmat video tersebut. Sepertinya seru. Sayangnya, berbagai aplikasi pembuat video animasi yang saya tau - misal ado*be dan sebagainya itu terlalu rumit untuk saya pelajari satu per satu. Memang banyak sih, tutorialnya. Namun, saya sudah terlanjut "hopeless" saat melihat layar kerjanya - terlalu rumit bagi ibu-ibu seperti saya. 

Belum lagi kalau melihat bagian video short di youtube, yang sering dipantengin anak-anak, dan bisa ditonton berulang-ulang, kayak gini


Banyak pula anak-anak yang komen menjawab pertanyaan sederhana, "hewan apa ini?". Mereka mengetik di kolom komentar "Panda". Tidak cukup 1, tapi ada puluhan yang nge-like video seperti ini. 

Saya berpikir bahwa era media digital ini ternyata membuat mode belajar dan ketertarikan anak agak bergeser. Dulu mungkin urusan belajar adalah di buku paket, di atas meja, menulis, mencongak, menyalin, menggambar. Belajar kosakata dengan mengikuti buku panduan "ini ibu budi". Sekarang, medianya lebih kaya. Sumbernya lebih beragam. Metodenya makin bervariasi. Salah satunya yang sangat menarik minat anak adalah video youtube dan short. Pola belajar anak di era digital sudah berubah, pernah saya tulis di artikel sebelumnya. 

Dan awalnya saya juga tidak tau harus membuat apa dan dengan media apa. Hingga akhirnya saya bertemu tutorial membuat video edukasi dengan Canva Pro untuk media Youtube. Wah, langsung saya coba. Ya, ternyata membuat beragam video edukasi tadi CUMA BUTUH CANVA PRO. CANVA PRO.

canva pro

Benarlah. Saya jadi ketagihan. Saya bisa membuat berbagai desain konten "yang dulu hanya sebatas angan-angan" dengan mudah dan cepat. Saya lalu mulai membangun Channel Youtube dengan niche anak-anak, dan semua kontennya hanya menggunakan 1 aplikasi kunci ini "CANVA PRO". 

Beberapa ibu bertanya kepada saya, penasaran bagaimana membuatnya. Ketika saya katakan saya menggunakan Canva, mereka cukup heran, "Oh, itu cuma pakai Canva?"

IYA! Semudah itu. Untuk kita, para Ibu-Ibu yang ibaratnya "terlambat" kalau harus belajar desain dari nol dengan aplikasi desain/video maker lainnya, menjadi sangat terbantu dengan adanya Canva ini. 


MUDAH DIPAKAI, BAHKAN OLEH ANAK SD

Iya, dan ini dibuktikan oleh anak saya sendiri. 

Petualangan Kreatif dengan Canva Pro: Membawa Pembelajaran Anak ke Level Berikutnya
Petualangan Kreatif dengan Canva Pro: Membawa Pembelajaran Anak ke Level Berikutnya

Mau PDF worksheet di atas FREE? Klik sini

Di atas ini adalah beberapa worksheet yang disusun sendiri oleh anak saya. Worksheet ini dibuat HANYA dengan CANVA. Dan bisa digunakan belajar adeknya. 

Ada banyak fitur worksheet interaktif di Canva Pro yang bisa kita ambil templatenya, lalu dimodif sesuai kebutuhan, atau yang langsung dipakai dengan hanya cukup download. Ada jutaan element pro yang bisa digunakan membuat anak pun puas saat membuat conten dengan canva ini. 

MERANCANG SENDIRI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK

Konten pembelajaran yang tersebar di Youtube ada sangat banyak. Tinggal ketik kata kunci mau belajar apa, maka jutaan konten bisa keluar untuk memenuhi kebutuhan kita. Sayangnya, kadang saya kesulitan menemukan konten yang sesuai dengan "norma dan nilai" yang berlaku di keluarga saya. Contoh sederhananya, saya ingin mencari konten Belajar Membaca Anak ala Montessori. Ya, memang ada. Banyak. Namun, sampai saat ini saya belum mendapat rekomendasi dari youtube konten yang tanpa musik untuk pembelajaran membaca ini. Menurut saya memang tidak perlu ada musik - yang kadang malah mendistraksi anak saat belajar. 

Sementara saya butuh konten sejenis, maka dengan adanya Canva Pro ini ternyata membuat tangan saya gatel untuk menelurkan konten belajar membaca ala montessori yang tanpa musik. Ini menarik sekali bagi saya. Memuaskan sekali : membuat bahan sendiri untuk diajarkan kepada anak sendiri. 


Fitur yang ada di Canva Pro sangat memungkinkan saya untuk leluasa menciptakan citra yang kuat dan menarik serta memberikan tampilan thumbnail yang memiliki sentuhan personal. Semua element yang saya butuhkan untuk menunjang kebutuhan saya pun sangat bisa ditemui di Canva Pro. Sementara jika di Canva Free, perlu waktu lebih untuk mencari gambar tanpa mahkota. Seringnya, gambar yang cocok untuk ilustrasi di dalam video justru bermahkota (tidak bisa dipakai untuk canfa mode Free). Maka ini cukup menghambat saya. 

DRAG AND DROP

Itu yang saya rasakan ketika menggunakan Canva Pro ini. Tampilan sederhana membuat saya lebih mudah untuk mengenali fitur-fitur di dalamnya.

Petualangan Kreatif dengan Canva Pro: Membawa Pembelajaran Anak ke Level Berikutnya

Cukup memasukkan kebutuhan templatenya, mencari element yang menarik untuk isinya, memberi voice over atau backsound yang dibutuhkan. Tinggal drag and drop. Semudah itu, insyaallah. 

Coba bandingkan dengan tampilan editing video dengan menggunakan aplikasi sebelah 

Untuk Ibu-Ibu seperti saya, rasanya terlalu rumit bahkan untuk sekedar melihat tampilan area kerjanya. Belum harus belajar berbagai fungsi/fiturnya yang sangat banyak. Maka, kembali, Canva Pro cukup bisa mengimbangi hasilnya. Bahkan sekarang ada template khusus untuk video sekelas editing-nya NetFlix. Pastinya lebih seru lagi. 

WAKTU LEBIH CEPAT MEMPRODUKSI KONTEN MASSAL

Ada 1 fitur yang saat ini sedang sering saya gunakan dalam membuat konten. Fiturnya bernama Bulk Create. Bulk Create ini memungkinkan saya membuat 10, 20, 30, bahkan 100 video hanya dalam beberapa klik saja. Dan di canva Pro-lah kita bisa menggunakan fungsi ini. Tidak bisa digunakan di Canva Free. 

Petualangan Kreatif dengan Canva Pro: Membawa Pembelajaran Anak ke Level Berikutnya

Konten seperti di atas ini cukup dengan membuat template utama, lalu masukkan daftar hewan yang ingin dijadikan bahan video. Lalu beberapa kali klik saja, bulk create ini bisa membuat postingan sebanyak-banyaknya dalam hitungan detik. 

Setelah sekian ratus page jadi, saya bisa langsung mendownloadnya menjadi file terpisah. Berbeda dengan canva Free. Maka, dengan sudah mendapat sekian video secara terpisah itu, saya tinggal upload saya ke channel saya dan sudah jadi 10, 20, 30, postingan baru dengan mudah dan cepat. 

Saya sudah buatkan tutorial membuat 30 konten otomatis dalam waktu 10 menit saja, untuk konten sebulan. Klik link ini 


PERBANDINGAN FITUR CANVA PRO DAN FREE

Berikut saya berikan gambaran dari laman resmi canva sendiri. 



Jika mau melihat yang paling simpel aja deh, saya melihat jumlah element yang bisa diakses : 1 juta versus 100 juta. Beuh.. Rasanya konten akan semakin menarik dan menjadikan saya lebih mudah menemukan elemen yang cocok dengan kebutuhan. 

BIAYA BERAPA?


Rp 769.000 per tahun. MAHAL? Tidak. Kita bisa subscribe bulanan koq, dengan nilai sekitar 75000-an. Sangat Worth-it dengan fitur yang ditawarkan di Canva Pro ini. Apalagi jika kita seorang Content Creator. Tidak hanya butuh canva untuk main-main, tapi bisa menjadikan canva untuk MENCARI CUAN. Hehe.. Modal 75ribu sebulan insyaallah akan ketutup dengan kreativitas kita menggunakan Canva Pro ini. 

PENUTUP


Canva pro ini menurut saya bukan sekedar alat desain. Canva ini justru jadi mitra setia dalam perjalanan saya menciptakan ragam pengalaman menciptakan konten pembelajaran edukasi untuk anak di berbagai platform. Sumber daya melimpah dan fitur yang lengkap serta panduan yang sangat mudah diikuti. Melalui petualangan kreatif bersama Canva Pro ini, saya cukup puas, sebab berbagai imajinasi saya bisa tertuangkan melalui visual, suara dan interaksi yang terangkum melalui fungsi dan fitur di dalamnya. 

Saya berharap cerita ini menginspirasi teman-teman, terutama para Ibu - dengan keterbatasan waktunya - dalam menyediakan konten berkualitas untuk anaknya, yang sesuai dengan nilai keluarga dan kebutuhan. Maka canva pro ini jawabannya. 

Jangan biarkan diri kita, terbatas dengan alat yang kurang memadai. Jangan ragu lagi untuk berlangganan saat ini, dan saksikan bagaimana pembelajaran anak-anak akan bisa mencapai level yang lebih tinggi dengan kreativitas tanpa batas. 

Klik link di bawah untuk memulai perjalanan Ayah Ibu menuju konten edukasi yang lebih baik dan menarik. 

23 comments

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)
  1. Mba windy, saya jg pengguna Canva pro. Mmg asyik bgt. Semua bisa teratasi dg Canva rasanya pgn sungkem sm pembuat canva.. Tp krn blm pnya anak jd gak ada kepikiran buat video gitu.. bisa kucoba jg nihh..

    ReplyDelete
  2. Aduuuh keren banget anak2nya mbak Windy...ibunya juga tentunya....apalagi ada canva pro. Saya pake canva pro juga cuma belom eksplore video. Kalo tar pingin belajar, cari info di sini aja. Terima kasih mbak tutorialnya🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana mba? Enak kan yaa... hihi..ga pusing dengan tanda mahkota. wkkwkkwk

      Delete
  3. Saya belum pake canva pro mbak, memang variasinya lebih sedikit. Dan pusing harus milih2 element yg nggak ada mahkotanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bu, apalagi yang konten video, makin sedikit lagi yang tidak bermahkota

      Delete
  4. Masih stay pakai Canva Free, tapi pengen juga sih nyobain yang Pro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rutin ngonten, bisa dicoba tuh mbak yg Pro. Bisa ketagihan juga sih. Tapi kalau cuma dipakai sesekali sih, free juga udah cukup

      Delete
  5. tim ibu yang suka bikin sendiri sesuai minat anak ya mba :D mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,, hihi, emang suka bikin2 begitu, jadi urusannya ya sukak aja..meskipun kadang suka lupa waktu hehehe

      Delete
  6. Dari kemarin masih maju mundur kakak mau ganti ke canva pro. Khawatir kedepan nganggur. Tapi galau, saat desain pilihan gambar itu2 aja. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, rasanya gemes aja kalau pas ketemu element yang cocok, lhah ternyata ada mahkotanya. nyari lagi scroll2 sampai ketemu yg free. kadang agak makan waktu sih

      Delete
  7. ternyata banyak juga keunggulan canva pro..
    Bisalah ntar pas udah rajin ngonten, ganti yg pro juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. insyaallah kalau konten creator mah, mendingan canva Pro menurut saya hehe.. lebih mudah, cepat, variatif

      Delete
  8. Kak, saya juga pengguna canva pro.. tapi jarang pakai, cuma masih pakai buat desain gambar sederhana aja.. hehe belum eksplore banyak... sepertinya asyik juga eksplore yg lainnya ya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, dieksplor aja kak, ada buanyakkk yang bisa dilakukan dengan canva pro. syukur syukur bisa jadi sumber pemasukan juga keren banget si

      Delete
  9. nais Info mbak, bisa bikin sendiri sesuai kesukaan anak anak ya

    ReplyDelete
  10. Wah banyak banget keunggulan canva pro ini..

    ReplyDelete
  11. Masya Allah, keren Mbak. Memang Canva mudah untuk dipelajari dan digunakan.

    ReplyDelete