curhatibu.com

Pesona Akhirat - Perbandingan Dunia dan Akhirat

Nikmat Dunia Hanya Sementara, Nikmat Akhirat adalah Abadi
Abadi itu, bukanlah kehidupan 1000 tahun, 100.000 tahun, 1juta tahun, atau bahkan 1 triliyun tahun! Melainkan kehidupan yang abadi. Selamanya. Kehidupan dunia paling hanya 60-70 tahun. Tidak ada apa-apanya dibanding dengan kehidupan akhirat yang sangat lama. 

Mengapa orang bermaksiat dikatakan sebagai orang yang jahil? 

  • karena orang tersebut berlezat-lezat dengan kenikmatan yang sebentar, lalu meninggalkan kenikmatan yang abadi di akhirat. Misal orang bernikmat-nikmat minum khamr di dunia, tidak akan minum khamr di akhirat. Dia menumbalkan kenikmatan yang kekal abadi, selamanya, hanya untuk 1-2 tahun kenikmatan khamr dunia!
Nikmat Dunia penuh Kekurangan, Nikmat Surga penuh dengan Kesempurnaan
Allah siapkan kenikmatan untuk hambaNya yang sholeh, kenikmatan yang tidak pernah terbersit dalam hati hambaNya itu. Di dunia kan kita banyak mendengar nikmat suatu tempat, tapi kita tidak pernah melihatnya ke sana. Nah, surga itu, kita tidak pernah membayangkan sama sekali, di luar imajinasi kita. Betapapun kita berusaha menggambarkan kenikmatan akhirat, melainkan pasti keliru. Bahkan untuk nama yang sama pun tidak sama, antara apa yang di surga dan apa yang di dunia. Contoh : pohon di dunia dan pohon di surga. Pohon di surga batangnya emas. Termasuk bidadari, tidak pernah kita berhasil membayangkannya. Bahkan jika ada wanita surga nongol di dunia, maka dunia akan terang benderang. 

Nikmat di dunia tidak ada yang GRATIS, butuh perjuangan. Nikmat di akhirat semua GRATIS, tak perlu perjuangan
Kata Imam Ahmad, "Tidak ada istirahat!". Istirahat itu jika kaki sudah menginjak surga. Di dunia penuh perjuangan, di kubur penuh perjuangan, di padang mahsyar penuh perjuangan. Baru setelah di surga, apapun yang kita hasratkan, langsung Allah kabulkan di hadapan kita; tak perlu capek capek dulu. Di surga tidak ada keletihan untuk memperoleh kenikmatan. 

Nikmat Dunia Ada Masa-nya/Waktunya/Musimnya, Nikmat Akhirat tidak ada masanya - selalu tersedia
Contoh : ketika mau menikmati buah di dunia, kita harus menunggu musim buah tertentu, menunggu buah masak. Sedangkan di surga, jika kita ingin makan buah apapun, langsung ada, tanpa menunggu musimnya. 

Nikmat Dunia Ada Efek Sampingnya, Nikmat Akhirat tidak ada efek sampingnya
Misal : kita ingin makan, ya harus beli dulu, harus keluar dulu, dan setelah makan akan mengeluarkan kotoran. Sedang di akhirat, tidak harus berlelah-lelah, langsung bisa makan; dan hasilnya pun hanya berupa sendawa. Bahkan sendawa-nya beraroma misik. Penghuni surga tidak buang air besar/kecil/haid/nifas/ingus/dan kotoran2 lainnya. 

Manusia dibangkitkan nanti :
- dengan jasad baru
- dengan jasad dunia, namun dimodifikasi ---> pendapat yang lebih kuat

Modifikasinya sebagai berikut : 
  • saat berada di mahsyar, tubuh kita dikuatkan sehingga sanggup berada di tempat yang hanya sejengkal jaraknya dari matahari
  • untuk penduduk neraka, tubuh mereka dimodifikasi menjadi gampang terbakar luar dalam oleh api neraka (secara sekaligus), dan mereka tidak mati-mati. 
  • untuk penduduk neraka, mereka mampu melihat iblis, malaikat penjaga jahannam, dll
  • untuk penghuni surga, tubuh dimodifikasi menjadi bebas dari kotoran. 
  • untuk penghuni surga, tingginya diubah menjadi 60 hasta/atau 30an meter (sebagaimana tingginya nabi Adam), yang tua dimudakan, wajahnya seperti rembulan (cantik serta elok) dengan tetap ada ciri khas seperti di dunia, 
Nikmat Dunia Membosankan, Nikmat Surga tidak pernah membosankan
Punya hape satu, bosan, pengen ganti. Punya rumah mewah, bosan, pengen yang lain, dan seterusnya. Sedang di surga tidak ada yang membosankan karena semuanya sempurna. 


Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)