curhatibu.com

PENJELASAN RUKUN IMAN KEPADA ANAK : IMAN KEPADA MALAIKAT

Yang perlu kita ajarkan bukan hanya poin-poin; melainkan apa yang terkandung dalam iman tersebut, serta bagaimana pengaruhnya.

Menjelaskan bahwa “Wajib Hukumnya Malaikat itu Benar-Benar ADA”
Malaikat bukan sekedar dongeng/kisah negeri antah berantah. Malaikat benar-benar ada. Meskipun saat ini kita tidak bisa melihat wujud fisiknya. Saat anak bertanya, “mengapa kita harus beriman pada malaikat padahal kita tidak bisa melihatnya?” Jawabnya : “Ini merupakan kepatuhan kita kepada yang menciptakan kita, yaitu Allah Swt; yang memerintahkan kita beriman kepada malaikat. Bukankah kita sudah dikaruniai Allah aneka kenikmatan? Maka meskipun kita tidak bisa melihat fisiknya, sebagai bentuk kepatuhan kita adalah dengan beriman keapda malaikat”

Menjelaskan fisik/ciri-ciri Malaikat; dan apa yang membedakannya dengan makhluk lainnya
Pertama, malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya. Allah memberikan keistimewaan kepada malaikat dengan menciptakannya dari cahaya. Bukankah cahaya itu indah dan sangat kita butuhkan? Adapun jin diciptakan Allah dari hawa panas dan api. Api rasanya panas; tidak enak. Adapun Adam diciptakan Allah dari tanah; sedang kita diciptakan dari air mani. Karena kakek moyang kita diciptakan dari tanah, maka kita pun akan kembali ke tanah.
Kedua, malaikat mempunyai ciri-ciri sayap. Jumlah sayapnya berbeda-beda antara satu malaikat dengan malaikat lainnya. Ada yang punya sayap dua, tiga, empat, atau berapapun sesuai kehendak Allah (Al Quran Surat Fatir). Ada malaikat yangs ayapnya lebih dari 4, seperti malaikat Jibril (600 sayap; satu sayap panjangnya seperti jarak antara timur dan barat)
Ketiga, jumlah malaikat tidak dapat dihitung, banyak sekali. Dalam surat Al muddatstsir ayat 31 Allah berfirman, “Tidak ada yang tahu jumlah tentara Allah, kecuali hanya Allah”. Sebagai gambaran, di langit yang sedemikian luasnya itu, ada 1 malaikat setiap jarak 4 jari kita (kurang lebih 7 cm). ini baru yang ada di langit. Belum yang naik turun, dsb.

Menjelaskan Sifat Malaikat
Di antara sifat yang paling menonjol adalah malaikat adalah makhluk yang selalu patuh pada Allah; tidak pernah berbuat maksiat sedikitpun. Hal ini termasuk perbedaan antara malaikat dan manusia. Manusia lebih sering tidak patuhnya. Dan yang malaikat selalu lakukan adalah selalu bertasbih kepada Allah, dan tidak pernah merasa lelah dan bosan.

Menjelaskan Nama dan Tugas Malaikat
Di antara banyak malaikat tersebut, ada beberapa malaikat yang punya nama (di antara yang punya nama, ada yang kita ketahui dan ada yang tidak kita ketahui). Contoh malaikat jibril bertugas menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Rasul dan Nabi. Malaikat Mika’il : tugasnya menurunkan hujan dan mendistribusikannya. Ada malaikat yang bertugas mencabut nyawa, yang tidak akan pernah mundur atau maju. Ada malaikat yang siap mencatat apa yang kita ucapkan atau perbuat; entah baik atau buruk. Ada malaikat yang tugasnya keliling menghadiri majelis dzikir dan ta’lim. Ada sebagian malaikat yang disebutkan bertugas menjaga manusia. Seandainya manusia itu akan ditimpa bahaya, sedang Allah belum berkehendak orang tersebut celaka; malaikat bertugas menjaga manusia tersebut. Jadi jangan khawatir ketika kita taat kepada Allah. Ada pula malaikat yang tugasnya mendatangi kita di kuburan, yaitu Munkar dan Nakir, menanyakan pertanyaan-pertanyaan “Siapa Rabbmu, siapa nabimu, apa agamamu?”

Menjelaskan Buah Beriman kepada Malaikat
Pertama, kita akan semakin sadar tentang keagungan Allah Swt. Koq bisa? Karena kebesaran makhluk ciptaan itu menunjukkan kebesaran yang menciptakan. Jika malaikat jibril sayapnya saja sebesar itu, bagaimana dengan Allah yang menciptkana malaikat Jibril? Yang Makanya saat kita shalat selalu diawali takbiratul ihram, “Allahu Akbar!”
Kedua, kita akan semakin berhati-hati ketika berucap dan berbuat. Hal ini karena kesadaran bahwa di kanan kiri ada malaikat yang siap mencatat selalu. Sangat manjur untuk mengajari anak berperilaku baik, meskipun tidak ada orang tua di dekatnya. Termasuk kewaspadaan terhadap malaikat maut
Ketiga, kita akan semakin tegar lagi dalam menjalankan perintah Allah meskipun banyak orang yang mencibir. Karena malaikat senantiasa mencatat kebaikan yang kita lakukan.

Keempat, kita akan semakin waspada menghadapi Malaikat Maut. 

Sumber : Di sini

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)