curhatibu.com

Ini Pilihan!

"Memang hidup ini adalah pilihan. Maka, pilihlah yang paling baik di antara yang terbaik"

Hmm... ceracau di siang hari. 
Pilihlah yang paling baik dari yang terbaik.

Bisa saja aku memilih diam saja, tanpa satu aktivitas. Lalu menikmati ropohnya hidup kesia-sia-an. 
Bisa saja aku memilih tak banyak bicara, meski semestinya aku memberi opini. Lalu tenggelam dalam buruknya pemberitaan berujung fitnah di mana-mana.

Ah, terlalu tinggi cakupannya. Begini saja, yang sederhana saja.
Bisa saja aku memilih tak bangun di malam hari. Lalu masih terlelap, kehilangan waktu munajat pada Illahi Rabbi.
Pun, bisa saja aku memilih untuk mencukupkan rakaat shalat malam 2 saja, dan kembali ke pembaringan. Tanpa mencoba menahan kantuk yang menjangkiti.
Bisa saja aku tak bangun di subuh hari, lalu memilih mengakhirkan waktu subuh. 
Bisa saja aku memilih berangkat kerja di siang hari, bukan di fajar. Lalu aku kehilangan waktu berhargaku bersama sang-semangat. 
Bisa saja aku ngobrol, ke sana ke mari. Lalu tak peduli sudah berapa lembar Al Qur'an yang kubaca.
Bisa saja waktuku habis untuk melamun, tak ada tambahan ilmu. Hanya angan kosong tak bertuan.
Bisa saja aku memilih makan, tak perlu lah menahan lapar haus di siangnya.

Bisa saja. Semua bisa saja. Tapi, lagi-lagi, kembali kepada satu ayat juz 29, 
"Yang menjadikan mati dan hidup, supaya dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun"
Ya, kan?

Jika tak ada pilihan berat ringan, maka rasanya tak seharusnya juga ada surga dan neraka. Toh, surga dan neraka itu hadiah, bagi yang mau bersusah-susah, atau bersenang-senang.

"Berangkatlah kamu baik dalam keadaan ringan ataupun merasa berat, dan dan berjihadlah dengan harta dan jiwa pada jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui" (At Taubah 40)

Sudah, itu saja. Renungan hati. Penguat jiwa, yang seringnya kerdil atas tantangan berat dalam satu dua langkah ibadah.

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)