curhatibu.com

Kutipan Bagus Ust. Anis Matta

Bismillah..
Jumat pagi, abis ngedengerin hasil wawancara ust anis matta dengan radio Sindo. 
Isu pertama langsung menjawab kegalauan, kedua, ketiga, dan seterusnya..keren!


"Amanah dakwah itu bukan karir, tapi pengabdian. Kenapa Saya jadi sekjen kelamaan? mungkin orang berfikir, setelah sekjen seharusnya jadi pemimpin, terus naik dan sebagainya. Di PKS, konsep ini tidak ada. Ini adalah wilayah pengabdian. Individu adalah bagian dari strategi. Dimanapun strategi menempatkan kita, kita ikut. Sekarang jadi sekjen, besok jadi anggota, itu bukan masalah."

"Arti kepemimpinan. The iron lady "Aku menjadi pemimpin bukan menjadi sesuatu, tapi untuk melakukan sesuatu." Itu dua hal yang berbeda. Jika Anda menganggap kepemimpinan adalah sesuatu, Anda tidak akan pernah bisa memberi. Tapi jika anda menganggap kepemimpinan adalah momentum untuk memberi, kita akan memaksa diri kita untuk melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan saat kita memiliki posisi memimpin."


"Dalam posisi apapun kita, yang menentukan nilai kita adalah seberapa banyak kita memberi. Semakin banyak kita memberi, status itu akan menjadi kecil dimata kita."

"Politik itu bukan karir. Jika kita ingin memberi, kita harus punya sumber daya lebih banyak. Momentum status ini yang harus dimanfaatkan."

"Pernikahan bukan masalah finansial, tapi masalah kesiapan menanggung beban."

Soal jam tangan Rolex:
"Saya bukan peminat aksesoris. Saya punya satu prinsip dan tidak ada hubungannya dengan harga. Kalo ingin menjadi zuhud, anda harus melampaui dunia. Anda tidak bisa menjadi zuhud kecuali setelah anda merasakan dunia. Saya hanya ingin tahu rasanya. Semua yang saya miliki berupa fasilitas lebih banyak karena saya ingin merasakan dunia itu rasanya seperti apa. Jika anda ingin meninggalkannya, anda mesti punya rasa untuk membandingkan, lalu anda punya kemampuan jiwa untuk meninggalkan sesuatu. Itulah yang saya pahami tentang makna zuhud. "

"Menurut Imam Ghazali: orang zuhud adalah orang yang meninggalkan dunia, orang miskin adalah  orang yang ditinggalkan dunia. Dalam suatu saat di dalam kehidupan kita, kita perlu punya pengalaman. Anda baru bisa melampaui dunia, setelah anda merasakan, dan setelah itu Anda akan merasa dunia tidak ada nilainya sama sekali."

Kenapa partai di Indonesia semakin amburadul?
"Partai-partai sekarang ini kalo kita ingin buat metafor seperti coca cola. Thn 98 itu botol coca colanya baru dibuka, sparklingnya masih ada. Sekarang busanya mulai hilang, jadi yang asli mulai kelihatan. Begitu sparkling dari politik ini mulai hilang, inilah yang menyebabkan partai-partai jadi tampak seperti sekarang. Jadi menurut saya, hanya waktu yang akan membuktikan mana yang asli dan mana yang palsu. Ini proses yang natural saja terjadi, tidak perlu heran kalo misalnya partai-partai sekarang ini mulai amburadul."

Closing Statement dari Ust Anis Matta:
"Daripada mengutuk segala hal yang terjadi di negara kita ini, lebih bagus kita menyalakan lilin, lebih bagus kita bekerja, berpikir positif, berusaha memberi untuk bangsa kita, dibanding kita mengutuk apa yang kita alami setiap hari."

Subhanallah..
*Kapan ya punya kesempatan bisa berguru langsung dengan beliau? Belajar tentang politik, visi bangsa ke depan, mimpi peradaban. Haha, harus pinter bahasa arab dulu ya? :P

(artikel ini diambil dari never stop learning )

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)