curhatibu.com

Tafa-Qur - impian sederhana kami

Apa itu tafa-Qur?


Tafa-Qur singkatan dari TAman haFAlan al-QUR'an. 

Sederhana. Ya, kita ingin memulai dari yang sederhana. Dari pemikiran sederhana, dari ide sederhana, dari cara sederhana. Impian kita pun sederhana. Ingin hidup bersama Al Qur'an, dan ingin mengajak orang lain hidup bersama. Alasan yang pasti, karena janji Allah mengizinkan kita bertemu denganNya, melalui Al Qur'an. 

Mau disederhanakan lagi? Kita, ingin mengajak anak-anak dan remaja mau ngaji Al Qur'an. Itu saja. 

That's Tafa-Qur! Sederhana bukan?
Tentang "ngapain saja" di dalamnya, saya (mewakili para investor:) akan jelaskan di sini. Sederhana saja. 

Untuk tahap awal, kami akan mengajak anak usia SMP atau SMA untuk bergabung. Mereka akan mendapat fasilitas rumah (sebagai asramanya). Tidak perlu lagi memikirkan uang kosan. Tempatnya juga strategis, dekat dari SMA atau SMP favorit. 

Kegiatannya apa saja?
Yang pasti: belajar Al Qur'an. Di sini, akan dimulai dari tahsin (untuk memperbagus bacaan), baru bertahap akan beranjak memulai hafalan. 

Tak perlu khawatir dengan aktivitas di sekolah, karena sudah dipikirkan, dan kegiatan2nya pun disesuaikan. 

Kalau boleh, ini ada, ya, sekilas gambaran jadwal harian lah, untuk sahabat qur'an di Tafa-Qur:)

Setiap harinya, sahabat qur'an bangun malam (untuk melaksanakan shalat qiyamul lail). Di waktu-waktu ini, adalah waktu yang tepat untuk menghafal, jadi bisa sangat dimanfaatkan. Lanjut sampai shalat subuh. Dari pukul 5 sampai 6 adalah saatnya sahabat bersama Al Qur'an, alias ngaji, muraja'ah, setoran, yang pasti bersama Al Qur'an.

Nah, setelah jam 6, saatnya sahabat Tafa-Qur menunaikan haknya yang lain, seperti beres2, persiapan dan menjalankan amanah dari orang tua menuntut ilmu di sekolah. Silakan dimanfaatkan waktu di sekolah untuk serius belajarnya, ikut organisasi, pengembangan diri, ikut kegiatan kerohanian Islam (rohis), ketrampilan, pramuka, dan sebagainya. 

Pukul 18.00, sahabat Tafa-Qur harus udah sampai asrama ya... Karena, ada kegiatan bersama Qur'an kita tercinta, setelah itu. Ya, shalat maghrib, makan malam, shalat isya. Di antara waktu tersebut, ada waktu untuk setoran hafalan kita seharian. Tidak perlu banyak-banyak. Satu halaman, dua, dan seterusnya boleh-boleh saja, sesuai dengan kemampuan dan target sahabat. 

Usai menjalankan shalat Isya, ada kajian bentar nih. Kajiannya satu jam saja. Ya, semacam ceramah agama Islam lah, misalnya terkait fiqih, shirah, pengetahuan bahasa Arab, dan yang pasti ada sesi tafsir ayat qur'an nya! Plus, akan ada secara berkala kajian motivasi, entah terkait Al Qur'an, belajar, cita-cita, dan sebagainya. Inginnya, selain sahabat hafal satu per satu ayatnya, juga paham makna nya, tahu bagaimana pengamalannya, dan ya ngerti lah ilmu-ilmu Islam lain, kan semuanya besumber dari Al Qur'an juga. 

Oke, sekitar pukul 21.00 adalah waktu maksimal kegiatan kita. Setelah itu, silakan belajar, ada PR, tugas, ulangan, bisa lah. Di sini kita akan belajar mengatur diri sendiri, terutama terkait waktu. Tugas belajar kita, hafalan kita, organisasi, dan lain-lain, termasuk istirahat harus sesuai proporsinya. Okey. 

Begitu-lah... Sederhana saja. 
Ada kegiatan lain yang akan dilaksanakan, seperti rihlah/outbound, riyadhah, mentoring, dan sebagainya.

Boleh libur? Boleh... Kegiatan kita itu hanya dilaksanakan dari Senin-Sabtu, jadi ahad boleh pulang atau berlibur:p

Tentang kehidupan di asrama, tenang saja. Fasilitasnya sudah disediakan. Mau apa? Ada mushala (saung), ada ruang kelas, perpustakaan, dapur, tempat tidur (pasti lah), kamar mandi, tempat parkir, taman, apa lagi? 

Oh ya, yang paling penting, ada ustadz/ah yang hafidz/ah yang akan membimbing dan mengantar sahabat menjadi penjaga Al Qur'an, plus yang mengajari tentang ilmu2 islam lainnya. 

Hmm... Insya Allah, itu saja. Untuk tahap awal, kita hanya akan mengambil paling tidak 10 orang putra, dan 10 orang putri. Oh ya, ruang putra putri dipisahkan lah... asrama, termasuk area nya, sehingga insya Allah aman!:)


Itu saja, sekilas perkenalan tentang Tafa-Qur... Yang pasti, kami ingin memulai rencana sederhana ini dengan sederhana, salah satunya dengan memohon doa teman2 yang baca artikel ini agar impian sederhana kami dapat terwujud...

Adakah teman2 yang memiliki impian sederhana serupa? Mungkin kita bisa bekerja sama... Berharap setiap langkah dianugrahkan ikhlas dan istiqamah, sehingga kita dapat bersama berjalan melangkah menuju surgaNya... Aamiin...

-impian sederhana ini kami hadiahkan spesial untuk ibu kami-

7 Februari 2012, di Rumah Rintisan Sahabat Qur'an

2 comments

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)
  1. mengenang sebulan berpulangnya engkau ke haribaanNya,ibu...semoga cinta dan perjuangan kami hanya tertuju untukNya...

    ReplyDelete
  2. aslm. ini prosesnya sudah sejauh apa mba?

    ReplyDelete