curhatibu.com

camping SSI


Sekolah Strategi Indonesia.
Satu hal yang ingin saya sampaikan tentang SSI: bersama orang-orang di sini, saya selalu menemukan hal berbeda. Buku bacaan, cara berpikir, cara ngomong, acara, prinsip, dan banyak lagi hal-hal berbeda lainnya. Ada yang mau nambahin? :)

Terakhir, kemaren kita ada acara camping.
Apa yang berbeda dari camping SSI ini? Buaaaanyak! :D
Ini beberapa yang saya sadari -bahkan sebagiannya baru kepikiran pas nulis ini.

Pertama, cara ngajak peserta.
Bukan dengan kata "wajib ikut" dan sejenisnya. Tapi, dengan menyampaikan manfaat dari camping itu. Maka, di pertemuan terakhir SSI sebelum ujian, ada materi camping yang diselipkan. Diselipkan dalam arti dia tidak terlihat seperti sedang sengaja mengajari tentang camping, karena waktu itu fokusnya adalah belajar public speaking.

Kemudian, ada sekitar 3-4 tulisan, isinya persuasi tentang manfaat camping (lagi) -bukan menyuruh ikut.

Selain itu, ajakan ikut camping ini bukan hanya lewat jalur jarkom konvensional. Panitia menghubungi satu-satu, mempersuasi agar ikut, memberikan jalan keluar bagi yang punya hambatan untuk ikut. Ya, satu-satu, personal, persuasi, bukan mewajibkan.

imho, ini cara baru.

Intinya adalah tidak ada paksaan di sini. Panitia juga sedang mengukur, sampai di mana materi yang selama ini disampaikan sudah diserap peserta. Panitia juga sedang mengukur, sampai di mana komitmen masing-masing peserta, per individu.

Kedua, tempat campingnya.
Sukamantri, ada anak STAN yang pernah ke sana? Setahu saya (di level UKM) belum ada anak STAN yang ke sana. Yap, alih-alih memilih tempat yang sudah populer dikunjungi, panitia memilih tempat yang benar-benar baru ini -buat saya. :D

Ketiga, cara 'menemani' peserta.
Perlengkapan peserta, mulai dari keperluan kelompok apalagi pribadi, disiapkan sendiri oleh peserta. Berangkat dengan mencarter angkot sendiri dan bayar bus masing-masing, nyiapin makan juga sendiri, didesain seperti ini dengan tujuan tersendiri -peserta pun sudah menangkap apa tujuannya.

Semua item acara dibuat jelas dulu tujuannya, baru dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya juga sebisa mungkin menghindari instruksi. Jika harus menggunakan instruksi, itu setelah menjelaskan ke peserta apa manfaat dari yang harus mereka lakukan. Bentakan-bentakan juga tidak digunakan.

cara yang berbeda. :D

Keempat, item acaranya.
Tugas movie making! Ini benar-benar baru digunakan, terutama di camping, di STAN. Oya, panitia juga ditugaskan bikin. :D

Ngisi TTS di subuh buta. Kalau biasanya kita camping, malam-malam dibangunin buat jalan nyusurin hutan, ini malam-malam dikasih tugas ngisi TTS. Ini tentang berpikir kapanpun.

Latihan negosiasi. Bagaimana latihannya? tidak saya sampaikan di sini dulu, ini latihan cara baru. Praktek siklus reformasi: tentukan tujuan-cara-ukur. :D

Patroli.
- Sandi masuk masing-masing pos dibuat sendiri oleh peserta. agar peserta tidak menjadi orang yang biasa menunggu perintah, juga untuk mengasah kembali kreatifitas mereka.
- Pos-pos: melukis pemahaman bersamamenembak sasaran bersama, dan memahami tujuan diri sendiri dan tujuan orang lain.

itulah beberapa hal baru yang saya temukan di sini. selain itu, ada item-item yang sudah biasa dipakai, tapi sudah diseleksi; hanya yang relevan dan itu hanya untuk mengisi kekosongan waktu di antara poin-poin utama yang baru itu. :)

(Dari panitia/peserta SSI)

Post a Comment

Terimakasih udah mampir di blog ini, happy reading :)